Home » » Forkopimda, KPU dan Panwaslih Kabupaten Batubara Komitmen Jaga Netralitas Dalam Pilkada

Forkopimda, KPU dan Panwaslih Kabupaten Batubara Komitmen Jaga Netralitas Dalam Pilkada

Written By Humas Kabbatubara on 4.03.2018 | 3.4.18


Humas Setdakab Batu Bara Siaran Pers
Nomor                        : 2/Humas/ SP/4/2018
Hari/Tanggal               : Senin, 1 April 2018
Lokasi                          : Aula Mapolres Batu Bara


Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) bersama KPU dan Panwaslih Kabupaten Batubara berkomitmen untuk bersama-sama menjaga netralitas dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2018.

Komitmen itu disampaikan dalam rapat koordinasi dalam rangka perkembangam situasi kamtibmas menjelang pilkada dan upaya mewujudkan netralitas TNI, Polri, Kejaksaan, ASN, KPU dan Panwaslih di Aula Mapolres Batubara, Kecamatan Lima Puluh, Senin (2/4/2018).

Pjs Bupati Batubara Faisal Hasrimy mengatakan, salah satu tugas saya sebagai Pjs Bupati Batubara untuk menjaga netralitas ASN dalam pilkada dan berkomitmen akan mensukseskan pilkada tahun 2018.

Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam pilkada sudah diatur dalam peraturan. Jika terbukti ada ASN yang terlibat dalam politik praktis, maka ada sanksi yang akan diberikan mulai dari penundaan kenaikan gaji dan pangkat hingga pemberhentian secara tidak terhormat.

"Tugas saya sebagai Pjs Bupati untuk menjaga netralitas ASN, dalam aturan sudah jelas ASN tidak boleh terlibat politik praktis. Jika ada ASN yang terbukti melanggar, maka ada sanksi yang akan diberikan," katanya.

Senada dikatakan Dandim 0208 Asahan Letkol Inf Suhono. Menurutnya dalam UU RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, Dalam pasal 2 ditegaskan  tentara profesional ialah tentara yang tidak berpolitik praktis.

Selain itu, TNI juga harus mengedepankan kepentingan negara dibanding kepentingan suatu kelompok atau pihak tertentu. TNI harus netral dan tidak berpihak serta tidak melibatkan fasilitas TNI untuk pilkada diluar tugas dan fungsi TNI.

"Dalam aturan tentara profesional ialah tentara yang tidak beepolitik praktis, tugas dan tanggungjawab Komandan Kepala Satuan wajib mensosialisasikan netralitas TNI dalam pilkada," ujarnya.

Sementara Kapolres Batubara Dedy Indriyanto berharap hasil dari rapat koordinasi ini ada komitmen yang akan disepakati bersama untuk mensukseskan pilkada tahun 2018.

"Kita berharap ada komitmen yang disepakati untuk mensukseskan pilkada 2018. Rapat koordinasi ini juga sekaligus menjawab kekhawatiran masyaralat akan ketidaknetralan kita dalam pilkada," katanya.

Rapat koordinasi juga dihadiri Ketua KPU Batubara Muksin Khalid, Komisioner Panwaslih Batubara, Perwakilan Kejaksaan Negeri Batubara, Kabag/Kasat/Kanit Polres Batubara, ASN Pemerintah Kabupaten Batubara.
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Humas Batubara | aanKFM.Inc | Official Humas Batubara
Copyright © 2017. Humas Batubara - All Rights Reserved
Template Created by Humas Batubara Published by Humas Batubara
Proudly powered by Blogger