Home » » Yayasan Bitra Indonesia Berjasa dalam Penguatan dan Pemberdayaan Masyarakat Batubara

Yayasan Bitra Indonesia Berjasa dalam Penguatan dan Pemberdayaan Masyarakat Batubara

Written By Humas Protokol Batu Bara on 3.08.2018 | 8.3.18


Humas Setdakab Batu Bara Siaran Pers
Nomor                       : 3/Humas/ SP/3/2018
Hari/Tanggal             :  Selasa, 6 Maret 2018
 Lokasi                      : Kecamatan Medang Deras



Yayasan Bina Keterampilan Pedesaan (BITRA) Indonesia menyelenggarakan Sarasehan ke-32 dengan tema mendorong partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan di Desa Durian Kecamatan Medangderas pada Selasa (6/3).

Pjs Bupati Batubara M Faisal Hasrimy dalam sambutannya meminta seluruh Organisasi perangkat daerah (OPD) setempat dapat mengambil pelajaran dari kegiatan sarasehan yang digelar Bitra untuk memonitoring perkembangan terbaru terkait bidang pertanian serta inovasi baru untuk pemberdayaan masyarakat. 

Saya minta OPD terkait agar dapat belajar kepada Bitra bagaimana membangun berbagai inovasi dalam bidang pertanian, peternakan dan perkebunan untuk dapat diterapkan di Batubara", ujar kepala biro umum setdaprovsu itu.

Menurut Faisal, yayasan Bitra Indonesia sudah berjasa dalam penguatan dan pemberdayaan masyarakat di 8 Kabupaten/kota se Sumatera Utara termasuk di Batubara dalam bentuk kerjasama melalui tim penggerak PKK.

Kerjasama dalam bentuk pendampingan peningkatan pemerintahan di 5 desa di Batubara, pembentukan dan pendampingan peningkatan kemampuan kelompok perempuan, serta peningkatan partisipasi perempuan dalam perencanaan pembangunan tingkat Desa, Kecamatan sampai tingkat Kabupaten.

Selain itu, Bitra juga sudah melakukan berbagai pelatihan dan peningkatan kemampuan kelompok perempuan, perbaikan data penduduk miskin dengan analisa kemiskinan partisipatif serta pelatihan pembangunan dan upaya pengembangan sistem informasi desa (SID) bagi 16 desa di Batubara.

Sebelumnya, ketua sekaligus pendiri yayasan Bitra Indonesia Ir H. Soekirman dalam sambutannya menyampaikan bahwa sarasehan ke 32 itu bertujuan untuk mempermudah petani dalam mengatasi persoalan pertanian yang tengah dihadapi serta sebagai upaya memberikan pembinaan untuk kemajuan pemerintah desa.

Sarasehan adalah budaya guyup serta gotong royong yang di dalamnya memiliki perbedaan agama, suku dan ras, namun tetap satu tujuan atau Bhineka Tunggal Ika", katanya.

Bupati Kabupaten Serdang bedagai itu juga mengajak kader Bitra untuk dapat mewujudkan kedaulatan masyarakat agar bisa mendapatkan pangan yang baik serta mempermudah petani dalam mengatasi persoalan pertanian dengan terus berbagi ilmu dan inovasi baru.

kegiatan sarasehan itu juga dirangkai dengan pameran berbagai produk kerajinan binaan Bitra serta lomba masakan khas berbagai daerah di Sumatera Utara yang di hadiri oleh Sekda Batubara Sakti Alam, para kepala SKPD, para Camat dan kepala Desa serta insan pers. 

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Humas Batubara | aanKFM.Inc | Official Humas Batubara
Copyright © 2017. Humas Batubara - All Rights Reserved
Template Created by Humas Batubara Published by Humas Batubara
Proudly powered by Blogger