Home » , , , , » Gubsu Buka Pekan Daerah KTNA di Batu Bara

Gubsu Buka Pekan Daerah KTNA di Batu Bara

Written By Humas Kabbatubara on 8.16.2016 | 16.8.16



Humas Setdakab Batu Bara
Siaran Pers
Nomor                : 04/Humas/ SP/08/2016
Hari/Tanggal      : Kamis, 11 Agustus 2016
Lokasi                : Pulau Sejuk kec Limapuluh

Gubernur Sumatera Utara Ir H Tengku Erry Nuradi secara resmi membuka Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) tingkat Provinsi Sumatera Utara, yang digelar di Desa Pulau Sejuk, Kecamatan Lima Puluh, Kabupaten Batubara, Kamis (11/8). Ir Tengku Erry mengatakan Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) bertujuan untuk meningkatkan kekompakkan dan kesolidan antara sesama petani-nelayan  Sumatera Utara. Kegiatan ini juga bertujuan meningkatkan pembangunan bidang pertanian-perikanan dan kehutanan, serta meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dibidang teknologi untuk menghadapi  Pekan Nasional  yang akan diselenggarkan di Banda Acah mendatang.

“kalau diperkenankan, Sumatera Utara bersedia menjadi tuan rumah KTNA berikutnya, untuk itu kita meminta dukungan kepada Ketua KTNA Nasional serta pihak terkait untuk dapat menjadikan Sumatera Utara sebagai tuan rumah KTNA mendatang,” ucapnya.

Di tahun 2016 ini merupakan tahun ke 2 kita melaksanakan program swasembada pangan terutama padi, jagung dan kedelai  yang telah dicanangkan Pemerintah untuk waktu  3 tahun mulai tahun 2015 sampai 2017. Berbagai langkah dan upaya telah dilaksanakan baik Pemerintah Pusat, Provinsi maupun Kabupaten/Kota mulai dari perbaikan jaringan irigasi, pemberian bantuan bibit dan pupuk maupun penguatan pendampingan dan pengawalan oleh penyuluh bersama unsur TNI, Babinsa serta  Mahasiswa berbagai Perguruan Tinggi.

“dalam pelaksanaan telah terjadi sinergi dan koordinasi yang harmonis dari seluruh instansi terkait, untuk itu sinergi dan koordinasi yang harmonis yang telah dibangun agar dapat dijaga dan ditumbuh kembangkan untuk mensukseskan program yang telah dicanangkan Pemerintah,” ujarnya. 

Bupati Kabupaten Batubara OK Arya Zulkarnain mengatakan Pekan Daerah tingkat Povinsi Sumatera Utara tahun 2016 merupakan wahana bagi petani-nelayan untuk melakukan konsolidasi, pengembangan diri, tukar menukar informasi, apresiasi kemitraan dan promosi hasil pertanian. Sekaligus sebagai ajang silaturahmi petani-nelayan se-Provinsi Sumatera Utara. Oleh sebab itu, saya berharap kepada peserta kiranya dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan kemampuan diri melalui kegiatan-kegiatan yang telah dipersiapkan panitia.

OK Arya berharap pelaksanaan PEDA tingkat Provinsi Sumatera Utara 2016 dengan tema”melalui PEDA tahun 2016 di Kabupaten Batubara kita mantapkan kelembagaan tani-nelayan sebagai mitra kerja Pemerintah dalam rangka kemandirian, ketahanan dan kedaulatan pangan menuju kesejahteraan petani-nelayan Sumatera Utara” dapat berjalan dengan baik, aman dan sukses. 

Sementara Ketua KTNA Nasional Ir Winarno Tohir menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada para pengurus Kelompok KTNA Provinsi Sumatera Utara yang telah bersinergi dengan pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten/Kota. KTNA sebagai mitra kerja Pemerintah, bahu   membahu melaksanakan program pembangunan pertanian, perikanan dan kehutanan.

saya percaya dengan komitmen dan dedikasi yang tinggi dari seluruh pengurua kelompok KTNA, Insyaallah berbagai tantangan dan hambatan akan bisa diatasi dan target sasaran pembangunan pertanian, perikanan dan kehutanan ke depan akan dapat tercapai sesuai harapan kita bersama,” katanya.

Selain itu, Winarno mengajak kepada seluruh pesera Pekan Daerah KTNA untuk mensukseskan Pekan Nasional (Penas) XV yang akan diselenggarakan di Desa Lhong Raya, Kecamatan Banda Raya, Kota Banda Aceh (6-11/5) tahun 2017 mendatang. Penas merupakan perhelatan akbar yang dimanfaatkan sebagai ajang pertemuan antara sesama petani -nelayan dari seluruh pelosok Indonesia, sekaligus wadah unjuk pencapaian kreatifitas peta-nelayan yang menjadi tolak ukur keberhasilan petani nelayan.

Dengan diselenggarakannya Penas diharapkan petani-nelayan yang hadir saling berinteraksi dan bersinergi memanfaatkan teknologi, sumber daya alam pertanian, perikanan dan kehutanan yang tersedia didaerah masing-masing untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam perbaikan mutu kwalitas dan kuantitas usaha taninya sehingga dapat meningkatkan pendapatan yang pada gilirannya dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga tani-nelayan.


“kami berharap dengan diselenggarakan PEDA di masing-masing Provinsi, PENAS XV yang akan datang akan lebih lagi dari Penas sebelumnya, sehingga PEDA ini benar-benar harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk mempersiapkan diri menjadi kontingen terbaik dan menjadi juara umum di Penas akan datang,” ujarnya.
                                                                                                                


KABAG HUMAS PIMPINAN
SETDAKAB BATU BARA

                 dto.                        
Andri Rahadian,AP
PEMBINA
NIP. 19740805 199311 1 001
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Humas Batubara | aanKFM.Inc | Official Humas Batubara
Copyright © 2017. Humas Batubara - All Rights Reserved
Template Created by Humas Batubara Published by Humas Batubara
Proudly powered by Blogger