Home » , , » Batubara Tuan Rumah Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) ke-22 Provinsi Sumut

Batubara Tuan Rumah Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) ke-22 Provinsi Sumut

Written By Humas Kabbatubara on 8.28.2015 | 28.8.15

Humas Setdakab Batu Bara
Siaran Pers
Nomor             : 09/Humas/ SP/08/ 2015
Hari/Tanggal   : Kamis ,27 Agustus 2015
Lokasi              : Lap Sepak Bola Kec. Air Putih


Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-22 Tingkat Provinsi Sumatera Utara dipusatkan di Kabupaten Batubara berlangsung meriah, Kamis (27/8).  Sejumlah kegiatan untuk memeriahkan Harganas dilaksanakan hingga hari puncak yang digelar di Lapangan dilapangan Indra Saksti  Kecamatan Air Putih.

Prosesi puncak peringatan Harganas dihadiri langsung oleh Kepala BKKBN Nasional Dr. Surya Chandra Surapaty, Plt Gubernur Sumatera Utara Ir H T Ery Nuradi MSi,Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi di wakili Ketua Pokja IV Teja Syarifuddin, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumut dan utusan dari kabupaten/kota se- Sumatera Utara. Dari Batubara terlihat Bupati,Ketua DPRD,Kejari Limapuluh dan Kapolres bersama  , Ketua TP PKK Batubara Ny Khadijah OK Arya, sejumlah pejabat di lingkup Pemkab dan pengurus organisasi perempuan.
  
Rangkaian acara dilaksanakan selama proses peringatan Harganas ke-22 tingkat Provinsi Sumut antara lain donor darah,talk show,pelayanan KB  IUD,Spiral,dan saat acara puncak digelar senam sehat lansia persembahan kelompok lansia dari kecamatan se-Kabupaten Batubara, tarian daerah oleh  pelajar,sebut Ketua Tim Penggerak PKK Prov Sumut yang disampaikan ketua Pokja IV. Adapun tema centra yang diamanahkan dalam peringatan Harganas ke 22 ini lanjut Ketua Pokja IV TP PKK Sumut itu harganas merupakan momentum upaya membangun karakter bangsa mewujudkan Indonesia sejahtera. Selain tema centra tersebut ada juga tema daerah yakni melalui momentum Harganas, kita bangtun karakter bangsa guna mewujudkan kelaurga kecil bahagia sejahtera menuju masyarakat Sumatera Utara yang beriman, berbudaya, berdaya saing dan sejahtera.”Motto kita, keluarga berkarakter, Indonesia sejahtera,”ungkapnya.

Di tempat yang sama, juga digelar bazaar hasil kerajinan PKK kabupaten, seperti dari Kabupaten Asahan, Deli Serdang, Tebing Tinggi, tak ketinggalan stand bazar dari PKK Kabupaten Batubara dengan melibatkan TP PKK Kecamatan.  

Bupati Batubara H OK Arya Zulkarnain SH MM dalam sambutanya mengatakan, penunjukan Kabupaten Batubara sebagai tuan rumah Harganas ke-22 tingkat Provinsi Sumatera Utara, merupakan sebuah penghargaan. Di samping itu, menjadi motivasi dan tantangan bagi seluruh elemen masyarakat Batubara untuk meningkatkan kesadaran dan semangat dalam mewujudkan keluarga yang berkualitas, sejahtera dan mandiri.

Dikatakan OK Arya, untuk mewujudkan keluarga berkualitas, sejahtera dan mandiri, Pemkab Batubara telah melakukan berbagai program, seperti program pembangunan bidang kesehatan, pendidikan, penguatan ekonomi keluarga dan program penguatan kelembagaan,dan Kabupaten Batubara telah memproklamirkan” Kabupaten Sayang Anak “. Terwujudnya keluarga yang berketahanan akan menjadi wahana efektif untuk membentuk generasi yang berkualitas karena dalam lingkungan keluarga yang memiliki ketahanan tinggi.

Khusus untuk pembangunan sektor kesehatan, Kabupaten Batubara sejak empat tahun terakhir ini, telah melaksanakan program Jamkesmasda berupa program yang membebaskan biaya perawatan dan pengobatan bagi seluruh masyarakat Kabupaten Batubara. Terkait upaya membangun keluarga kecil yang berkarakter dan berketahanan, seperti tema pada peringatan harganas ke-22 ini, tentu tidak lepas dengan program keluarga berencana (KB). Kemudian untuk membentuk keluarga yang berkarakter dan berkepribadian, selain memperhatikan sektor kesehatan, juga harus diperkuat dengan generasi yang berkualitas. Untuk mewujudkan generasi yang berkualitas, Kabupaten Batubara tetap komitmen menerapkan program pendidikan gratis.

Sementara itu, Kepala BKKBN Nasional Surya Chandra Suraphati  pada pidato sambutanya mengatakan kesuksesan program KB di Batubara merupakan peran aktif kepala daerah terhadap program KB,ini terbukti  dengan peningkatan akseptor KB ,”Sangat pantaslah H OK Arya selaku Bupati Kabupaten Batubara  meraih penghargaan Manggala Karya Kencana dari Pemerintah Pusat melalui Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN)  yang diserahkan baru baru ini,ungkap Ka BKKBN.

Tentang program KB yang dilaksanakan sejak tahun 1970 telah berhasil menurunkan angka fertilitas total dari 5.6 anak per wanita pada tahun 1970 menjadi 2.6 pada tahun 2002. Namun sayangnya, angka fertilitas total tersebut tidak mengalami penurunan lagi sampai dengan tahun 2012. Demikian pula laju pertumbuhan penduduk yang terus mengalami stagnasi.

Surya Chandra juga menjelaskan bahwa syarat menjadi negara maju adalah mampu mengendalikan laju pertumbuhan penduduk dan memiliki SDM yang berkualitas tinggi. Menurutnya ada 3 hal pokok yang sangat signifikan mempengaruhi ranking indeks pembangunan manusia (IPM) yaitu kesehatan, pendidikan dan ekonomi. Keluarga yang merupakan institusi terkecil sekaligus terpenting dari sebuah bangsa harus diberi peran yang lebih besar menjadi tempat “penggelembengan” atas 8 fungsi keluarga yaitu,Fungsi keagamaan, Fungsi sosial budaya, Fungsi cinta dan kasih sayang ,Fungsi perlindungan Fungsi reproduksi, Fungsi sosialisasi ,Fungsi ekonomi dan Fungsi lingkungan.

Plt Gubernur Sumatera Utara Ir T Erry Nuradi MSi dalam sambutanya mengatakan Peringatan Harganas 2015 merupakan salah satu kegiatan nasional yang dapat dijadikan sebagai media perenungan untuk membangkitkan kembali kesadaran betapa pentingnya peran keluarga dalam membangun bangsa. Salah satunya adalah peran remaja sebagai agen peubah dan penerus bangsa. Para orang tua bisa mendorong dan memotivasi anak-anak remajanya untuk berperan aktif dalam Program “Generasi Berencana atau GENRE” yang dioperasionalkan melalui kegiatan remaja di sekolah dan kampus-kampus di seluruh Indonesia. Untuk melahirkan generasi emas, keluarga harus mampu menciptakan dan membangun komunikasi yang baik dan berkualitas dengan anak-anak remajanya. Komunikasi yang baik dan berkualitas dalam keluarga akan mampu menjadi benteng pertahanan yang kokoh bagi anak-anak remaja dari pengaruh negative lingkungan sekitarnya. Jadikan anak-anak remaja tidak sekedar sebagai agen tapi menjadi lokomotif perubahan menuju kejayaan bangsa.

Sebuah kajian yang dilakukan oleh para sosiolog menunjukkan betapa pentingnya peran keluarga dalam menentukan maju atau tidaknya sebuah bangsa, yaitu “family is the fundamental unit of society”. Keluarga kokoh yang berketahanan adalah keluarga yang dapat menciptakan generasi emas, menciptakan generasi-generasi penerus yang berkualitas, berkarakter kuat, sehingga menjadi pelaku-pelaku kehidupan masyarakat, dan akhirnya mampu membawa kejayaan bangsa.

Pada peringatan Harganas ke22 di Kabuapten Batubara itu juga di warnai dengan pemberian hadiah lomba Katergori Program KB lestari teladan Pratama, 10.15 dan 20 Tahun,Program Pos Yandu sebagai Juara I Kabupaten Deli Serdang, Asahan dan Simalungun,Lomba Lingkungan Bersih dan sehat diberikan kepada Kabupaten Asahan,Tapanuli Utara dan Deli Serdang.Diakhiri dengan penampilan tarian berbagai etnis Daerah di Sumatera Utara dan Peninjauan Stand Pameran yang di ikuti Kabupaten dan Kota di Sumatera Utara.






KABAG HUMAS PIMPINAN
SETDAKAB BATU BARA
                 dto.                        
Andri Rahadian,AP
PEMBINA


NIP. 19740805 199311 1 001 


Share this article :

+ komentar + 1 komentar

Post a Comment

 
Support : Humas Batubara | aanKFM.Inc | Official Humas Batubara
Copyright © 2017. Humas Batubara - All Rights Reserved
Template Created by Humas Batubara Published by Humas Batubara
Proudly powered by Blogger