Home » , , » Pemkab Batu Bara Peringati Hari Pendidikan Nasional dan Hari Otonomi Daerah

Pemkab Batu Bara Peringati Hari Pendidikan Nasional dan Hari Otonomi Daerah

Written By Humas Protokol Batu Bara on 5.05.2015 | 5.5.15

Humas Setdakab Batu Bara
Siaran Pers
Nomor             : 01/Humas/ SP/05/ 2015
Hari/Tanggal   : Senin ,04 Mei 2015
Lokasi              : Lap Sepak Bola Limapuluh

Mengambil tempat di lapangan bola kaki lima puluh upacara apel Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2015 di Kabupaten Batubara di rangkai dengan Peringatan Hari Otonomi Daerah XIX di pimpin Wakil Bupati H RM Harry Nugroho. Upacara tersebut turut dihadiri anggota  DPRD, Unsur Forkopimda, Pejabat Eselon di lingkungan PemkabBatubara  serta dari unsur pendidikan dan para pelajar, Senin (4/5).

Wakil Bupati H RM Harry Nugroho SE saat itu membacakan sambutan Menteri Kebudayaan, Pendidikan Dsar dan Menengah Anies Baswedan. Dikatakan, pendidikan telah membukakan pintu wawasan, menyalakan cahaya pengetahuan, dan menguatkan pilar ketahanan moral. Persinggungan dengan pendidikanlah yang telah memungkinkan para perintis kemerdekaan untuk memiliki gagasan besar yang melampaui zamannya. Kini kita sudah 70 tahun merdeka. Kemerdekaan itu bukan hanya untuk menggulung kolonialisme, melainkan juga untuk menggelar kesejahteraan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Jangan sampai kita hanya tahu tentang kekayaan alam, tetapi tidak tahu kualitas manusia di negeri kita. Kita harus berkonsentrasi pada peningkatan dan pengembangan kualitas manusia. Kita tidak boleh mengikuti jalan berpikir kaum kolonial yang terfokus hanya pada kekayaan alam, tetapi sekali lagi saya tegaskan melupakan soal kualitas manusia.

Dengan Peringatan Hari Pendidikan Nasoional mengingatkan kembali tentang karakteristik pendidik dan suasana pendidikan. Peringatan Hari Pendidikan Nasional ini tidak bisa dilepaskan dari sosok Ki Hadjar Dewantara, yang pada tanggal 2 Mei merupakan hari kelahiran Bapak, Selanjutnya Wakil Bupati juga membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri, pada peringatan hari Otonomi Daerah ke XIX Tahun 2015. upacara peringatan Hari Otonomi Daerah ke XIX tahun 2015, dengan tema “Menghadirkan Pemerintahan daerah yang Demokratis dan Melayani Masyarakat dalam Mendorong Terbentuknya Daya Saing, Kreatifitas dan Inovasi dengan Mengandalkan Kekhasan Daerah Demi Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat. Otonomi Daerah adalah hak, wewenang dan kewajiban daerah otonom untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat dalam sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia. Untuk itu pemberian otonomi yang seluas-luasnya kepada Daerah harus dimaknai sebagai kesempatan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peran serta aktif seluruh pemangku kepentingan di daerah.

Momentum regionalisasi yang ditandai dengan kebijakan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) memberikan peluang bagi setiap daerah untuk meningkatkan daya saing, dimana otonomi daerah menjadi faktor penguat bagi setiap daerah khususnya dalam mendorong keluarnya arus barang dan jasa dari daerah untuk bersaing di kancah regional Asia Tenggara. Kebijakan otonomi daerah kedepan menghadapi berbagai tantangan dan tuntutan. Di tengah-tengah kemajemukan di tingkat lokal, regional, dan nasional, otonomi daerah dituntut untuk menumbuhkan kemandirian penyelenggaraan tata kelola pemerintahan daerah yang aspiratif, transparan dan akuntabel. Otonomi daerah dituntut pula untuk mengharmoniskan pemanfaatan berbagai sumber daya lokal dan kearifan daerah yang merefleksikan perlunya kesiapan kapasitas pengetahuan dan keterampilan masyarakat, terutama bagi generasi muda yang pada 15-20 tahun mendatang menghadapi bonus demografi.

Otonomi daerah juga ditantang untuk dapat mengelola daerah-daerah otonom baru baik provinsi, kabupaten dan kota. Saat ini terdapat 542 daerah otonom yang terdiri dari 34 provinsi, 415 kabupaten dan 93 kota. Jumlah yang masif ini di satu sisi memerlukan berbagai pengaturan yang bersifat generik untuk menjamin sinergitas perencanaan dan pembangunan secara nasional, di sisi lain, karakteristik setiap daerah, tetap diakomodir termasuk bagi daerah yang bersifat khusus maupun istimewa. Sinergitas perencanaan dan pembangunan di tingkat lokal dan nasional akan menjamin upaya kita mewujudkan berbagai program jangka menengah dan jangka panjang termasuk dalam menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Usai ucpacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional TH 2015 di Kabupaten Batubara di rangkai dengan Peringatan Hari Otonomi Daerah XIX TH 2015 juga di laksanakan Pemberian hadiah terhadap para juara liga pelajar se Kabupaten Batubara oleh Wakil Bupati Batubara,Kepala Kejari Lima Puluh,dan ketua PN Asahan.


KABAG HUMAS PIMPINAN

SETDAKAB BATU BARA
                 dto.                        
Andri Rahadian,AP
PEMBINA
NIP. 19740805 199311 1 001


Share this article :

+ komentar + 1 komentar

Post a Comment

 
Support : Humas Batubara | aanKFM.Inc | Official Humas Batubara
Copyright © 2017. Humas Batubara - All Rights Reserved
Template Created by Humas Batubara Published by Humas Batubara
Proudly powered by Blogger