Home » » “HARI KESEHATAN NASIONAL 2013 BATU BARA”

“HARI KESEHATAN NASIONAL 2013 BATU BARA”

Written By Humas Kabbatubara on 12.11.2013 | 11.12.13



Humas Setdakab Batu Bara
Siaran Pers
Nomor             : 07/Humas/ SP/12/ 2013
Hari/Tanggal   : Selasa, 10 Desember 2013
Lokasi              : Lap Bola Kaki Lima Puluh



            Bupati Batubara H.OK Arya Zulkarnain SH.MM diwakili asisten umum dan pemerintahan H.Azrai SH. menghadiri Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-49 tahun 2013 di Lima Puluh, selasa (10/12). Kegiatan  yang mengambil tema utama Hari Kesehatan Nasional (HKN)  adalah Indonesia Cinta Sehat.

            H. Azrai SH saat membacakan sambutan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, dr. Nafsiah Mboi, Sp.A, MPH menyatakan bahwa peringatan HKN tahun ini merupakan momentum besar pembangunan kesehatan di Indonesia, yakni memerkenalkan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) kepada seluruh masyarakat yang akan memeroleh manfaat. HKN juga merupakan tonggak penting dalam mengkonsolidasikan langkah untuk makin mengutamakan upaya promotif-preventif dalam pembangunan kesehatan dan membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat. Upaya promotif-preventif bila bisa dikedepankan para masyarakat akan mencegah terjadinya penyakit dan masalah kesehatan serta menurunkan pembiayaan kesehatan. Alhasil, pembangunan kesehatan termasuk pelaksanaan JKN menjadi lebih efektif. JKN merupakan salah satu karya besar dalam rangka mewujudkan sistem pelayanan kesehatan terbaik. Beberapa dasawarsa terakhir ini pembangunan kesehatan diarahkan pada peningkatan akses masyarakat pada pelayanan kesehatan yang komprehensif dan bermutu guna mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.


 `          Perkembangan pembangunan kesehatan meningkat tajam. Hal ini ditunjukan dengan jumlah Puskesmas yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Dalam 10 tahun terakhir, kita telah berhasil membangun lebih dari 2.000 Puskesmas dan tersebar di seluruh Indonesia. Keberadaan Puskesmas juga diperkuat dengan penyediaan dana Bantuan Operasioan Kesehatan ( BOK) agar upaya promotif-preventif bisa diutamakan. Untuk pelayanan kesehatan rujukan sendiri, jumlah rumah sakit meningkat tajam sebanyak 42,95 persen dari 1.246 pada tahun 2004 menjadi 2.186 pada tahun 2013. Bukan hanya itu, saat ini sebanyak 2.186 rumah sakit, 9.599 Puskesmas, 23.225 Puskesmas Pembantu, 54.708 Poskesdes dan 276.688 Posyandu tersebar di seluruh Indonesia untuk memberikan pelayanan kesehata masyarakat,". Dengan demikian, pemerintah juga berupaya meningkatkan akses masyarakat pada pelayanan kesehatan yang komprehensif dan bermutu untuk menghapuskan disparitas antar wilayah, antar kelompok masyarakat dan antar tingkat sosial ekonomi. "Sebanyak 177,84 juta (72%) penduduk Indonesia telah mempunyai jaminan kesehatan, termasuk masyarakat miskin dan tidak mampu, sehingga jika pelaksanaan JKN mulai berlaku tahun 2014, cakupan penduduk yang mempunyai jaminan kesehatan akan diperluas dan tahun 2019 akan tercapai jaminan kesehatan semesta, seluruh penduduk Indonesia akan mempunyai jaminan kesehatan”.






KABAG HUMAS PIMPINAN
SETDAKAB BATU BARA
                 dto.     
Drs. Abdul Rahman Hadi
PEMBINA
NIP. 19650116 198602 1 003




 

Share this article :

+ komentar + 1 komentar

Post a Comment

 
Support : Humas Batubara | aanKFM.Inc | Official Humas Batubara
Copyright © 2017. Humas Batubara - All Rights Reserved
Template Created by Humas Batubara Published by Humas Batubara
Proudly powered by Blogger