Home » » “KEPALA DESA ANTUSIAS IKUTI SOSIALISASI HAM”

“KEPALA DESA ANTUSIAS IKUTI SOSIALISASI HAM”

Written By Humas Kabbatubara on 7.03.2013 | 3.7.13




Humas Setdakab Batu Bara
Siaran Pers
Nomor             : 02/Humas/ SP/07/ 2013
Hari/Tanggal   : Selasa, 02 Juli 2013
Lokasi              : RM Barokah Sei Suka


  Sebanyak 151 orang kepala desa / Lurah Desa di Kabupaten Batubara tampak antusias mengikuti Pelatihan Hak Asasi Manusia (HAM) dalam acara  “Bimbingan Teknis Hak Asasi Manusia Bagi kepala Desa” di aula RM Barokah Tanjung Gading-Sei Suka, selasa (2/7).  Acara Pelatihan HAM yang diselenggarakan Pemkab Batubara tersebut menampilkan 3 narasumber Riky Tohap Pasaribu SH dari kejaksaan negeri Lima Puluh, Lusiana Amping dari Pengadilan Negeri Kisaran dan Mazda dari Unimed.  Para peserta memperoleh materi Pelatihan HAM yakni tentang konsepsi HAM dasar, histori, prinsip-prinsip HAM, tanggungjawab negara, instrumen nasional-internasional dan mekanismenya serta materi pelayanan dan kebijakan pelayanan yang berbasis hak asasi manusia.

       Dalam kata sambutannya, Bupati Batubara H.OK Arya Zulkarnain SH.MM yang diwakili asisten III H.Azrai SH mengatakan sistem desentralisasi memberikan otonomi yang sangat luas kepada daerah untuk meningkatkan kualitas demokrasi di daerah, peningkatan pelayanan publik serta diharapkan terciptanya cara mengelola pemerintahan yang baik (good governance). Untuk itu, aparat Pemerintah Desa semakin dituntut kesiapannya baik dalam hal merumuskan kebijakan desa, perencanaan pembangunan desa maupun  pelayanan rutin kepada masyarakat. “Perlu ada pergeseran paradigma dari sekadar merespon masalah menuju pelayanan publik yang berbasis pada pemenuhan hak-hak warga sebagaimana diamanatkan oleh konstitusi nasional maupun konvensi internasional hak asasi manusia.

       Kegiatan Pelatihan HAM bagi Aparat Desa ini sungguh sangat relevan di tengah-tengah perubahan paradigma pelayanan publik yang berbasis pada pemenuhan hak-hak warga negara tersebut. Menurutnya, pemerintahan desa merupakan lembaga perpanjangan pemerintah pusat yang memiliki peran strategis dalam pengaturan masyarakat desa dan keberhasilan pembangunan nasional.

       Kordinator penyelenggara Renol Asmara SH.AP menjelaskan pelatihan HAM yang berlangsung selama  sehari tersebut menggunakan metode partisipatif dan andragogi sehingga membuka peluang seluruh peserta yang mayoritas kepala desa di Kabupaten Batubara tersebut terlibat aktif dalam menyampaikan pendapat mulai dari sesi orientasi belajar, pemaparan materi, diskusi kelompok hingga sesi rencana tindak lanjut (RTL) dan evaluasi. Komunikasi berlangsung dua arah, sedangkan interaksi antara narasumber, fasilitator dan peserta berjalan sangat dinamis. Misalnya, pada sesi diskusi kelompok, tampak para peserta bersemangat melakukan curah pendapat dan terjadi perdebatan yang hangat di antara anggota untuk menjawab studi kasus. Bahkan di sesi Rencana Tindak Lanjut di akhir acara, para peserta berhasil merumuskan apa yang harus dan akan dilakukan pasca pelatihan yakni mengimplementasikan dan mengharmonisai norma-norma HAM dalam Peraturan Desa (Perdes), Pelayanan Masyarakat berperspektif HAM, Sosialisasi instrumen HAM kepada warga masyarakat melalui penyuluhan HAM dan sebagainya.


KABAG HUMAS PIMPINAN
SETDAKAB BATU BARA
                 dto.     
Drs. Abdul Rahman Hadi
PEMBINA
NIP. 19650116 198602 1 003

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Humas Batubara | aanKFM.Inc | Official Humas Batubara
Copyright © 2017. Humas Batubara - All Rights Reserved
Template Created by Humas Batubara Published by Humas Batubara
Proudly powered by Blogger