Home » » “Bupati Batu Bara Menghadiri Seminar Koalisi Industrialisasi Sumatera Utara Yang Digelar Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara (USU)”

“Bupati Batu Bara Menghadiri Seminar Koalisi Industrialisasi Sumatera Utara Yang Digelar Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara (USU)”

Written By Humas Kabbatubara on 10.01.2012 | 1.10.12



Humas Setdakab Batu Bara
Siaran Pers
Nomor             : 26/Humas/ SP/09/ 2012
Hari/Tanggal   : Jum’at, 28 September 2012
Lokasi             : Hotel Sapadia Pematang Siantar

Kabupaten Batu Bara pendukung utama program MP3EI, maka penetapan Presiden SBY terhadap daerah itu sebagai salah satu pelabuhan internasional dinilai tepat sebab geografisnya sangat strategis berada dijalur perdagangan nasional dan internasional untuk memperlancar pergerakan arus barang secara efektif dan efisiensi. Rencana pengembangan pelabuhan internasional di Kuala Tanjung juga disesuaikan dengan Perpres No. 32 Tahun 2011 tentang Program Master Plan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).
          Bupati Batu Bara H. OK Arya Zulkarnain, SH, MM mengatakan kepastian hukum tentang lokasi kawasan pelabuhan internasional mutlak diperlukan sebagai salah satu persyaratan pembangunan sekaligus untuk mendukung pembangunan infrastruktur transportasi laut yakni pelabuhan laut internasional di Kuala Tanjung yang sudah ditetapkan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono melalui Perpres No. 26 Tahun 2012 tentang Sistem Logistik Nasional (SLN).
          Pembangunan Pelabuhan Internasional Kuala Tanjung masih mengalami kendala akibat SK No. 44 tentang Kehutanan yang dinilai tidak tepat lagi untuk dikenakan di Batu Bara sebab sejak dahulu daerah itu sudah menjadi wilayah pemukiman masyarakat termasuk berdirinya Istana Raja Lima Laras.
            Penyelarasan dan sinkronisasi antara Peraturan Perundangan tentang hutan di Batu Bara baik antar Menteri/Lembaga maupun antar Pemerintah Pusat dan Daerah merupakan hal penting untuk dilakukan, agar terjadi keselarasan Peraturan Perundangan yang diterbitkan.
      Bupati minta Pemerintah Pusat melalui Kementrian Kehutanan segera memastikan serta menerbitkan keputusan perubahan tentang status kawasan hutan untuk diubah menjadi kawasan Areal Penggunaan Lain (APL) agar Investor tidak lagi ragu-ragu menanamkan modalnya di Batu Bara.
         Acara ini dihadiri oleh Bupati/walikota se Sumatera Utara, Mantan Dir. Kesbang PTPN III Chairul Muluk, Dekan Fak. Ekonomi USU Jhon Tafbu Ritonga.


KABAG HUMAS PIMPINAN
SETDAKAB BATU BARA
                 dto.
RADYANSYAH F. LUBIS, S. Sos
PEMBINA
NIP. 19740519199402 1 001
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Humas Batubara | aanKFM.Inc | Official Humas Batubara
Copyright © 2017. Humas Batubara - All Rights Reserved
Template Created by Humas Batubara Published by Humas Batubara
Proudly powered by Blogger