Home » » “ Rapat Koordinasi Implementasi Kebijakan Kelembagaan,Pembiayaan dan Investasi Pertanian dan Perikanan”

“ Rapat Koordinasi Implementasi Kebijakan Kelembagaan,Pembiayaan dan Investasi Pertanian dan Perikanan”

Written By Humas Kabbatubara on 4.06.2012 | 6.4.12





 Humas Setdakab Batu Bara
            Siaran Pers
            Nomor             : 05/Humas/ SP/ 04/ 2012
            Hari/Tanggal   : Rabu, 04 April 2012
            Lokasi             : Hotel Inna Parapat Sumatera Utara


           
Bupati Batu Bara H. OK. Arya Zulkarnain SH, MM saat memberikan kata sambutan mengatakan Kabupaten Batu Bara khususnya di bidang perikanan dan kelautan  memiliki potensi yang cukup besar antara lain garis pantai + 62 KM, potensi perikanan tangkap dengan armada Pakal Perikanan sebanyak 1.900 unit dengan jumlah nelayan + 22.000 orang dengan produksi rata – rata 30.000 Ton/Tahun, Potensi Budidaya Perikanan , Budidaya Air Tawar 125 Ha, Air Payau 750 Ha. Mengingat masyarakat Kab. Batu Bara yang berada di garis pantai dominan berkategorikan miskin maka Pemkab Batu Bara melalui Dinas Perikanan dan Kelautan telah menetapkan 5 (lima) program antara lain :
1.   Pembinaan/Pelatihanan kepada Nelayan, pembudidaya ikan dan pengolah hasil perikanan dalam   rangka meningkatkan pengetahuan dan perikanan.
2.  Penyediaan sarana dan Prasarana untuk nelayan, pembudidayaan ikan dan pengolah hasil pertanian antara lain dengan memberikan alat pengolah ikan dan pembudi dayaan ikan sarana tambak, kolam air tawar dan bibit ikan tawar dan ikan air payau.
3.      Membantu dana asuransi kepada nelayan kecil
4.   Penerbitan surat izin usaha perikanan dan Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI) bagi kapal yang berukuran kurang dari 10 GT
5.      Peningkatan pengawasan thd kapal yang beroperasi di wilayah Kab. Batu Bara

Bupati juga mengatakan, mengingat Kab. Batu Bara merupakan sentra perkebunan sawit dan tanaman kakao rakyat di Sumatera Utara. Pada Tahun 2013 Dinas Perkebunan akan melakukan peremajaan dan penggantian bibit kelapa sawit dan tanaman kakao palsu dengan bibit bersertifikat serta melalui Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan telah mengoptimalisasikan tenaga penyuluh dengan melakukan penyediaan sarana dan prasarana tenaga penyuluh

KABAG HUMAS PIMPINAN
SETDAKAB BATU BARA
dto.    
RADYANSYAH F. LUBIS, S. Sos
PEMBINA
NIP. 19740519199402 1 001
Share this article :

+ komentar + 2 komentar

Post a Comment

 
Support : Humas Batubara | aanKFM.Inc | Official Humas Batubara
Copyright © 2017. Humas Batubara - All Rights Reserved
Template Created by Humas Batubara Published by Humas Batubara
Proudly powered by Blogger